Thursday, September 9, 2021

Materi Kelas 7 - INTERAKSI SOSIAL (Keruangan)

KERUANGAN - INTERAKSI ANTAR RUANG - MANUSIA



             Perhatikan gambar berikut!
Dalam kehidupan manusia tentu tidak akan terlepas dari "RUANG". Ruang bisa dalam arti yang sempit dan dalam arti yang luas. Arti luas dari ruang adalah bumi. Karena BUMI menjadi tempat untuk kehidupan semua makhluk dan bahkan benda yang abiotik. Tidak hanya sebagai tempat tetapi juga menjadi media dalam berinteraksi dari semua unsur-unsur biotik dan abiotik. Sedangkan arti sempit dari ruang adalah sekitar kita yang menjadi tempat untuk kita dapat hidup. Dalam berinteraksi tentu ada syarat-syaratnya. 

Salah satu dari syarat interaksi antarruang adalah karena ada perbedaan. Dengan perbedaan tentu akan setiap daerah atau wilayah yang berbeda akan berupaya untuk memenuhi dari ketidakadaan atau kekurangan dari perbedaannya tadi. 

Misalkan: daerah A berada di daerah pegunungan, maka sudah tentu yang dihasilkan dari daerah tersebut bisa berupa sayur-sayuran. Sedangkan daerah tersebut tidak ada lauk pauk berupa ikan misalnya sebagai makanan protein hewani. Sedangkan daerah B berada di dataran pantai, maka sudah tentu daerah tersebut akan melimpah dengan berbagai ikan karena mata pencaharian mereka sebagai nelayan. Sedangkan untuk sayur-sayuran daerah B tersebut tentu tidak dapat tercukupi. 

Nah...dengan contoh tersebut, maka antara daerah A dan daerah B mereka dapat bekerjasama saling memenuhi karena ada perbedaan hasil dari sumberdaya alam. Itu salah satu dari syarat interaksi antarruang. 

No comments:

Post a Comment